Selasa, 04 Oktober 2011

Perangkat Dalam Pembelajaran RPP, Silabus


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan  : SMA
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester       : X / ganjil
Alokasi waktu         : 10 menit
 

Standar Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan peluang pada suatu kejadian.
Kompetensi  Dasar
Menghitung peluang  suatu kejadian dengan menggunakan  aturan  permutasi dan kombinasi.
Indikator
Menentukan peluang suatu kejadian dengan cara permutasi.
Menentukan peluang suatu kejadian dengan cara kombinasi.
A.                Tujuan pembelajaran
1.                  Siswa diharapkan dapat menentukan peluang  suatu kejadian dengan cara permutasi.
2.                  Siswa diharapkan dapat menentukan peluang suatu kejadian dengan cara kombinasi.

B.                 Materi ajar
Permutasi dan Kombinasi

C.                Metode pembelajaran
Ceramah. Tanya jawab.

D. langkah-langkah pembelajaran
     Pendahuluan
1.      Apersepsi:
Guru mengaitkan materi-materi yang berkaitan dengan permutasi dan kombinasi yatu: faktorial.
2.      Motivasi:
Guru mengaitkan manfaat mempelajari permutasi dan kombinasi dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Waktu : 1 menit

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi waktu
a.       Guru memberikan penjelasan   tentang permutasi dan konbinasi  serta menjelaskan rumus permutasi dan kombinasi.
b.      Memberikan contoh permutasi dan kombinasi.
c.       Membahas contoh soal dengan melibatkan  siswa.
d.      Menjelaskan perbedaan permutasi dan kombinasi.
e.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dipahami.
a.       Memperhatikan penjelasan dari guru dan mencatat.


b.      Memperhatikan contoh dan mencoba menyelesaikan
c.       Mengikuti arahan  dari guru

d.      Mencatat dan memahami

e.       Bertanya mengenai materi yang kurang dipahami.
2menit



1menit

2menit

1meniit

1menit

Waktu

8 menit


3
Penutup
a.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi
b.      Guru dan siswa menyimpulkan semua materi yang telah di pelajari mengenai permutasi dan kombinasi.
c.       Guru memberikan pekerjaan rumah pada siswa dan akan di bahas minggu depan
d.      Guru mengakhiri pelajaran.

Refleksi
Menyumpulkan materi bersama-sama dengan guru tentang pelajaran hari ini.
Menerima tugas dari guru

2menit
Jumlah
2 menit
Total Waktu
10 menit

E. Alat dan Sumber Belajar
      1. Alat
            a. White Board
            b. Board Marke
      2. Sumber Belajar
         Buku Paket yaitu Buku matematika SMA kelas XI Semester Ganjil, BAB 3 tentang permutasi dan kombinasi,  karangan  Arief Akhyanto penerbit pustaka widyatama.
F. Penilaian
            1. Prosedur penilaian
                 a. penilaian proses
                 b. penilaian hasil
            2. Jenis Penilaian
                         a. Tes              :           tes tertulis
                         b. Non tes       :           keaktifan dan kreativitas siswa
            3. Instrumen dan kriteria Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Rata-rata
afektif
kognitif
psikomotorik
A
B
C
K
A
B
C
K
A
B
C
K

1














2














3














4














5














6














7















            Keterangan      :           A = 86-100
                                                B = 70-85
                                                C = 50-69
                                                K = 0-49
            Bentuk Istumen          : Uraian singkat
            Contoh Instrumen       :
1.Dari 7 orang  disuatu perusahaan akan dipilih 3 staf kepengurusan yaitu ketua, sekretaris, bendahara. Tentukan banyak cara penyusunan staf kepengurusan tersebut?
2.Dalam ruang rapat terdapat 10 orang peserta. Jika setiap peserta rapat akan berjabat tangan dengan semua peserta rapat. Tentukan banyaknya kejadian jabat tangan dalam rapat tersebut?
Penyelesaian:
1.Dik:
N=7 R=3
Dit: banyak cara penyusunan?
Jawab:
2.Dik:
N=10 R=2
  Dit:
Banyak kejadian jabat tangan?
Jawab:
         
                                                                                    Palembang, 22 juni 2011
                                                                                    Guru mata pelajaran


                                                                                    Ludiansah
                                                                                    NIM:08 22 025