RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / ganjil
Alokasi waktu : 10 menit
Standar Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan peluang pada suatu kejadian.
Kompetensi Dasar
Menghitung peluang suatu kejadian dengan menggunakan aturan permutasi dan kombinasi.
Indikator
Menentukan peluang suatu kejadian dengan cara permutasi.
Menentukan peluang suatu kejadian dengan cara kombinasi.
A. Tujuan pembelajaran
1. Siswa diharapkan dapat menentukan peluang suatu kejadian dengan cara permutasi.
2. Siswa diharapkan dapat menentukan peluang suatu kejadian dengan cara kombinasi.
B. Materi ajar
Permutasi dan Kombinasi
C. Metode pembelajaran
Ceramah. Tanya jawab.
D. langkah-langkah pembelajaran
Pendahuluan
1. Apersepsi:
Guru mengaitkan materi-materi yang berkaitan dengan permutasi dan kombinasi yatu: faktorial.
2. Motivasi:
Guru mengaitkan manfaat mempelajari permutasi dan kombinasi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Waktu : 1 menit
Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Alokasi waktu |
a. Guru memberikan penjelasan tentang permutasi dan konbinasi serta menjelaskan rumus permutasi dan kombinasi. b. Memberikan contoh permutasi dan kombinasi. c. Membahas contoh soal dengan melibatkan siswa. d. Menjelaskan perbedaan permutasi dan kombinasi. e. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dipahami. | a. Memperhatikan penjelasan dari guru dan mencatat. b. Memperhatikan contoh dan mencoba menyelesaikan c. Mengikuti arahan dari guru d. Mencatat dan memahami e. Bertanya mengenai materi yang kurang dipahami. | 2menit 1menit 2menit 1meniit 1menit |
Waktu | 8 menit |
3 | Penutup a. Guru dan peserta didik melakukan refleksi b. Guru dan siswa menyimpulkan semua materi yang telah di pelajari mengenai permutasi dan kombinasi. c. Guru memberikan pekerjaan rumah pada siswa dan akan di bahas minggu depan d. Guru mengakhiri pelajaran. | Refleksi Menyumpulkan materi bersama-sama dengan guru tentang pelajaran hari ini. Menerima tugas dari guru | 2menit |
Jumlah | 2 menit | ||
Total Waktu | 10 menit |
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat
a. White Board
b. Board Marke
2. Sumber Belajar
Buku Paket yaitu Buku matematika SMA kelas XI Semester Ganjil, BAB 3 tentang permutasi dan kombinasi, karangan Arief Akhyanto penerbit pustaka widyatama.
F. Penilaian
1. Prosedur penilaian
a. penilaian proses
b. penilaian hasil
2. Jenis Penilaian
a. Tes : tes tertulis
b. Non tes : keaktifan dan kreativitas siswa
3. Instrumen dan kriteria Penilaian
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Rata-rata | |||||||||||
afektif | kognitif | psikomotorik | ||||||||||||
A | B | C | K | A | B | C | K | A | B | C | K | | ||
1 | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | |
Keterangan : A = 86-100
B = 70-85
C = 50-69
K = 0-49
Bentuk Istumen : Uraian singkat
Contoh Instrumen :
1.Dari 7 orang disuatu perusahaan akan dipilih 3 staf kepengurusan yaitu ketua, sekretaris, bendahara. Tentukan banyak cara penyusunan staf kepengurusan tersebut?
2.Dalam ruang rapat terdapat 10 orang peserta. Jika setiap peserta rapat akan berjabat tangan dengan semua peserta rapat. Tentukan banyaknya kejadian jabat tangan dalam rapat tersebut?
Penyelesaian:
1.Dik:
N=7 R=3
Dit: banyak cara penyusunan?
Jawab:
2.Dik:
N=10 R=2
Dit:
Banyak kejadian jabat tangan?
Jawab:
Palembang, 22 juni 2011
Guru mata pelajaran
Ludiansah
NIM:08 22 025